Starlink

Apa itu #STARLINK? Supaya ngga #KUDET, simak ulasan singkat berikut ini.

Bukan, itu bukan singkatan dari ‘starbuck kelilink’, tapi jaringan (mereka nyebutnya konstelasi) satelit untuk internet pita lebar yang sedang dibangun oleh #SpaceX.

Kenapa dengan jaringan internet saat ini melalui satelit? Saat ini komunikasi internet melalui satelit konvensional masih memiliki latency yang cukup tinggi (400-600ms), sehingga bagi beberapa pengguna, dirasa kurang mumpuni dan tentunya MAHAL!

Oya, apa latency itu. Sederhananya, jika A memanggil B, lalu B meresponnya, maka lama waktu B merespon itu disebut latency. Makin tinggi latency, artinya makin #BOLOT responnya. Beda dengan speed ya, jadi latency = waktu respon.

Kalau jaringan internet yang melalui kabel? Ya eksisting kita punya jaringan kabel bawah laut. Infrastruktur ini punya latency jauh lebih baik dibandingkan dengan satelit, tetapi akan sulit jika akan dideploy di remote area. Selain biaya menjadi lebih tinggi, kesulitan dengan penerapannya di lapangan.

Dengan #STARLINK ini, jauh lebih mudah dan ‘murah’. Namun dibutuhkan ribuan satelit yang saat ini sedang dilakukan deployment besar2an hingga akhir 2020. Sementara target hingga akhir 2020 dapat memberikan coverage di Amerika dan Kanada. Selanjutnya hingga akhir 2021 untuk sisa wilayah berpopulasi.

Kenapa murah di atas ada di dalam tanda kutip? Karena satelit2 ini diproduksi secara massal, maka nilai keseluruhannya menjadi lebih ‘murah’.

Teknologi yang digunakan untuk komunikasi antar satelit, menggunakan laser untuk memperoleh akurasi dan kecepatan yang tinggi serta latency yang rendah. Untuk komunikasi melalui #STARLINK, secara teori bisa didapat latency hingga 25-35ms. Mungkin bisa lebih rendah dibanding kabel laut sekalipun, dan keunggulan lainnya, bisa mengcover remote area.

Kenapa membutuhkan hingga ribuan satelit? Karena penempatan satelit ini di orbit rendah (550 km), lebih rendah dibanding satelit komunikasi lainnya, maka dibutuhkan banyak satelit untuk dapat memberikan coverage seluruh permukaan bumi.

Kita tunggu saja kiprah #STARLINK di akhir 2020 ini!

Seruput kopi #STARLINK eh, #STARBUCKS dulu … 😋 ☕️

https://www.starlink.com/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.